Apakah Wartawan Foto Juga Seorang Fotografer?

Apakah Wartawan Foto Juga Seorang Fotografer?

Posted on by admin

Terlihat menarik sekali apabila diteliti secara lebih dalam makna akan kutipan kalimat “wartawan foto pasti tentu fotografer serta fotografer belum pasti wartawan foto”. Sosok photojournalist merupakan seorang photographer yang mempunyai dedikasi diri untuk bergabung ke sebuah perusahaan atau lembaga media massa cetak atau suatu biro foto buat berkarya pada satu hal terkait fotografi, tepatnya adalah photo news atau foto berita.

Memang agar bisa jadi seorang fotografer wartawan perlu dibutuhkan banyak sekali hal agar dapat menghasilkan suatu karya foto yang bisa berbicara terkait sebuah peristiwa atau kejadian. Khususnya untuk seorang fotografer wartawan menyangkut teknis fotografi sebaiknya sudah diluar kepala, mengingat untuk hasil foto berita perlu adanya kejelian, kecepatan sekaligus mental pada waktu narasumber serta banyak faktor lainnya pada lokasi tertentu. Perlu digunakan naluri dan insting yang sudah terasah serta cermat pada saat melihat suatu objek di sebuah kejadian dengan berbagai resiko.

Jadi fotografer wartawan di era digital seperti ini bisa dikatakan cepat serta praktis. Terkait kinerja juga terlihat sangat praktis, karena foto berita dapat langsung dikirim ke pihak editor foto pada waktu cepat dan singkat hanya butuh koneksi internet saja. Beda jauh dengan era terdahulu, karena apabila memperoleh penugasan atau assisgnment meliput ke luar kota yang sifat kejadiannya seperti kerusuhan di suatu kota. Peralatan yang perlu disiapkan sangat banyak yaitu satu kamera SLR sekaligus lensa, selain itu dibutuhkan berpuluh-puluh roll dan puluhan pack baterai yang telah jadi satu paket di perjalanannya.

Belum lagi ketika masuk pesawat, sang wartawan foto mesti berdialog bersama crew atau awak pesawat yang berfungsi agar setiap pagi mereka bisa mengantarkan terlebih dulu semua roll fim buat dititipkan terhadap awak maskapai agar bisa dibawa pulang menuju Jakarta. Tentu pihak Departemen Dok. Foto di perusahaan mereka bekerja telah menunggu roll-roll film itu di bandara.

Salah satu tradisi yang sering mereka lakukan ketika mau berangkat ke lokasi yang berada di luar daerah, mereka selalu duduk sendiri dan meluangkan waktu untuk bisa membaca segala referensi dari banyak aspek terkait daerah atau lokasi yang bakal di datangi. Hal seperti ini begitu berguna kalau tiba di daerah liputan tersebut.

Menyangkut apakah seorang yang mempunyai profesi menjadi fotografer tidak dapat menghasilkan karya foto berita seperti wartawan foto? Sebenarnya relatif saja, karena tidak jarang ada foto mempunyai kandungan nilai berita sangat tinggi meskipun dijepret oleh fotografer yang amatir. Terpenting adalah, dari setiap foto yang diambil bisa menjelaskan atau memberitahu banyak orang tentang kejadian suatu peristiwa. Semoga sedikit penjelasan diatas memberikan sedikit pengetahuan buat semuanya.

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Follow by Email
Instagram