Beberapa Hal Yang Wajib Dipersiapkan Menjadi Fotografer Wartawan

Beberapa Hal Yang Wajib Dipersiapkan Menjadi Fotografer Wartawan

Posted on by admin

Menjadi seorang fotografer wartawan merupakan pekerjaan susah-susah mudah. Mudahnya 50% susahnya 50% tergantung bagaimana kita menjalani dan menghadapinya. Menjadi seorang fotografer wartawan tidak harus mempunyai basic lihai saat memotret objek. Semua pekerjaan memang membutuhkan proses dari yang tidak bisa menjadi bisa bahkan dapat dikatakan handal. Keindahan sebuah jepretan tidak bisa dinilai seberapa jauh mereka berkecimpung ke dalam dunia tersebut. Melainkan, bagaimana seseorang menjalani pekerjaannya dengan ikhlas dan selalu mau belajar dari kesalahan. Bukan orang yang selalu merasa puas terlebih dahulu dengan hasil jepretannya.

Ketika menjadi seorang fotografer wartawan hal yang harus diperhatikan: pertama-tama berlatih memotret berbagai objek. Awal-awal tidak perlu langsung memakai kamera LDR, bisa menggunakan kamera digital biasa atau bahkan kamera hp. Dan semua keadaan lingkungan sekitar bisa menjadi objek memotret. Kedua, mental juga tak lepas dari persiapan diri seperti saat bermain poker onlineĀ https://citipoker88.net Sebab, saat menjadi seorang fotografer wartawan kita tidak tahu bahaya yang akan dihadapi kedepannya. Mental harus selalu kuat untuk penjagaan diri dari berbagai macam bahaya. Sebagai fotografer wartawan terkadang nyawa menjadi taruhan.

Bahkan mereka jika perlu memliki teknik pertahanan diri, karena yang mereka selamatkan bukan diri sendiri saja tapi hasil jepretan juga. Hasil jepretan itu bisa menjadi bukti nyata jika ketika meliput secara tidak sengaja atau sengaja memperoleh berita terkini, contohnya bukti kasus korupsi saat terjadi transaksi oleh sang pelaku, secara tidak sengaja menjepret kasus pembunuhan atau berbagai macam lainnya yang pasti dapat mengancam nyawa diri sendiri. Ketiga, persiapkan emosi. Persiapan ini penting untuk kebutuhan membidik objek. Jika emosi kita buruk maka hasil jepretan ikut jelek, sebaliknya saat emosi baik hasil potret foto menjadi bagus.

Pentingnya pengendalian emosi yang sangat mempengaruhi hasil foto, maka saat memotret kalian juga wajib memperhatikan perasaan grogi, menghilangkan rasa malu, takut saat berhadapan dengan subjek, dan selalu yakin dengan hasil jepretan untuk menghindari pembidikan berulang-ulang. Sebelum membidik subjek, pastikan menarik nafas hingga tenang agar potret foto tidak goyang. Setelah ahli dalam mengatur emosi, kemudian mulai berani bermain komposisi dari berbagai sudut dan nuansa warna.

Leave a Reply