Beberapa Kisah Tragis Para Pejuang Informasi Dengan Profesi Fotografer Wartawan

Beberapa Kisah Tragis Para Pejuang Informasi Dengan Profesi Fotografer Wartawan

Posted on by admin

Profesi sebagai fotografer wartawan tidaklah mudah seperti orang awam bayangkan. Banyak tantangan yang sering dihadapi oleh para pekerja fotografer wartawan secara tak terduga. Setiap menjalani pekerjaan itu, mereka rela menaruhkan nyawanya demi sebuah informasi terbaru dan lengkap. Tak jarang beberapa cerita tragis yang dialami oleh sebagian fotografer wartawan saat terjun di lapangan berperang mencari nafkah maupun informasi. Para fotografer wartawan memotret keadaan objek berita dengan memiliki latar belakang alasan masing-masing. Ada yang memang menyukai dunia fotografer kemudian ingin mengabdi, ada yang mempunyai hobi fotografer sekaligus menjadikan hobi sebagai profesi untuk mencari nafkah, ada pula yang sengaja menjadi fotografer wartawan dalam rangka kemanusiaan.

Ken Oosterbroek

Penghasilan seorang fotografer wartawan memang tidak sebanding dengan nyawa yang dipertaruhkan. Akan tetapi, mereka yang berprofesi itu selalu tetap berusaha mencintai pekerjaan dibuktikan dengan cara menghasilkan jepretan-jepretan informasi jelas dan aktual. Dibalik kesenangan yang mereka berusaha tunjukkan, ada kisah-kisah pilu yang mereka hadapi. Contohnya seorang fotografer wartawan asal Afrika Selatan yang bekerja di The Star daerah Johannesburg pada saat itu meninggal akibat tertembak peluru nyasar di sebuah pertempuran kota Thokoza. Fotografer wartawan itu bernama Ken Oosterbroek kelahiran Johannesburg, Afrika Selatan dan meninggal di tahun 1994. Kronologis kematian Ken tepat saat sedang meliput kejadian pertempuran antara pendukung ANC dengan pasukan penjaga perdamaian PBB. Kemudian kisah tragis datang dari fotografer wartawan asal Columbia bernama Alba Nunez yang meninggal bukan saat bertugas melainkan memang sengaja dibunuh oleh seseorang di depan kantor tempat bekerjanya.

Selain itu ada fotografer wartawan Adam Ward asal Virginia, Amerika Serikat pada kala itu sedang meliput bersama rekan reporternya bernama Alison Parker tiba-tiba ditembaki oleh seorang mantan reporter WDBJ. Alasan yang melatar belakangi sang pembunuh membunuh kedua jurnalis tersebut masih belum jelas hingga sekarang. Terakhir, kisah tragis datang dari dunia jurnalis Indonesia bernama Fuad M Syafruddin yang pasti sebagian orang sudah sering mendengar nama ini. Dia meninggal akibat penganiayaan oleh orang tak dikenal depan rumah kontrakannya. Udin, panggilan akrab dari teman-temannya menjadi salah satu fotografer wartawan yang menjadi korban pembunuhan orang-orang tidak bertanggungjawab atas berita korupsi sering ia tumpas.

Leave a Reply