Kriteria Perusahaan Pers Mencari Fotografer Wartawan

Kriteria Perusahaan Pers Mencari Fotografer Wartawan

Posted on by admin

Sebuah perusahaan pers ternama tidak sembarangan dalam menyeleksi pegawainya di bidang fotografi berita. Walaupun bagi sebagian orang pekerjaan ini sering dipandang sebelah mata. Tapi bagi sebuah perusahaan pers ternama pekerjaan fotografer wartawan memiliki peran penting dalam pembuatan berita. Fotografer wartawan masih dihargai oleh perusahaan-perusahaan pers, sehingga masih mendapatkan kontrak kerja tetap. Sebuah foto dalam berita tidak sekedar sebagai pelengkap saja, namun kehadiran foto di dalam berita menyiratkan sebuah makna bahkan bisa menjelaskan kepada pembaca tentang kejadian sesungguhnya/bukti fisik nyata dari berita tersebut. Sebuah teks dalam berita akan terasa membosankan dengan penambahan gambar membuat suasana berita lebih akurat secara unsur visual. Dunia fotografi pun telah merambat ke dunia pendidikan, hal ini dibuktikan bahwa fotografi menjadi mata kuliah di salah satu universitas khusus pers/media. Bagi dunia jurnalistik, seseorang perlu mempunyai kriteria dasar agar bisa dipastikan layak sebagai fotografer wartawan haruslah memperhatikan beberapa syarat dalam menghasilkan foto yang mendukung sajian berita atau menarik simpati masyarakat lebih tertarik mengkonsumsi berita dengan cara: pertama, menyajikan berita terhangat. Seorang fotografer wartawan harus rajin mencari moment-moment di lingkungan sekitar untuk memperoleh berita terhangat. Saat sedang ditugaskan meliput di suatu lokasi kejadian sang fotografer wartawan tidak boleh lengah dan wajib selalu standby mengamati keadaan. Maka, fotografer wartawan akan mendapatkan hasil foto aktual dan terbaru sesuai dengan konten berita yang selalu diupdate.

Kedua, foto yang akan diterbitkan harus faktual. Seorang fotografer wartawan terjun langsung meliput kejadian gunanya mendapatkan hasil foto aktual bukan berdasarkan buatan photoshop. Jika itu nekat dilakukan akan menyebabkan pelanggaran kode etik jurnalistik dan tidak layak terbit. Ketiga, foto yang dihasilkan oleh fotografer wartawan menyiratkan sebuah makna dan informatif. Foto tersebut diperkaya dengan komposisi poin-poin gambar yang sesuai dengan teks berita bukan sembarang gambar asal jepret. Foto yang mewakili berita harus diperhatikan latar belakang, subjek utama hingga objek pendukung. Keempat, seorang fotografer wartawan memiliki misi setiap melakukan bidikan pada sebuah subjek. Sehingga, foto itupun juga memiliki misi agar pesan yang disampaikan dapat diterima oleh masyarakat dari berbagai karakter jika perlu berhasil membuka perasaan dan pikiran pengkonsumsi berita dalam memaknai pesannya. Kelima, fotografer wartawan dapat dikatakan benar-benar profesional apabila sanggup mencapai posisi di mana sebuah potret fotonya berhasil dikenang sepanjang masa oleh masyarakat. Tidak berhenti disitu saja, foto yang dihasilkan seorang fotografer wartawan mampu dibahas publik baik dikomentari hingga sekedar dikagumi saja. Foto-foto itulah yang biasanya berhasil memenangkan ajang bergengsi jurnalistik internasional.

Kriteria Perusahaan Pers Mencari Fotografer WartawanKeenam, fotografer wartawan lebih menekankan model foto yang atraktif. Maksudnya ialah foto tersebut mencakup berbagai unsur dari luapan emosi, kejelasan suasana, gerakan, mimik gambar yang membuat orang lain langsung menangkap point of interest. Saat membidik gambar juga mengingat kebutuhan berita dan tidak melupakan titik subjek yang dapat langsung mencerminkan/ menggambarkan beritanya. Point of interest sendiri dimaknai dengan fokus utama yang ditentukan oleh titik subjek gambar yang menceritakan inti dari suatu foto. Jadi, apabila anda masih berminat sebagai seorang fotografer wartawan. Anda perlu mempelajari cara-cara menjadi seorang fotografer atau jika perlu selalulah berlatih dan mengikuti kursus fotografer. Bahkan fotografi pun memiliki teknik yang berbeda-beda sesuai dengan bidangnya baik fotografi seni, fotografi ilmiah, fotografi jurnalistik dan fotografi komersil. Dan juga difikirkan lebih matang lagi terkait keputusan mengambil profesi sebagai fotografer jurnalistik.

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Follow by Email
Instagram