Langkah-Langkah Menjadi Fotografer Wartawan Profesional

Langkah-Langkah Menjadi Fotografer Wartawan Profesional

Posted on by admin

Dunia jurnalistik tidak terlepas dari jasa seorang fotografer wartawan. Mereka yang berprofesi sebagai fotografer wartawan selalu dibutuhkan saat proses peliputan. Jasa seorang fotografer wartawan memang tarifnya tidak sebanding dengan seorang wartawan ataupun jurnalistik sang pembuat berita/artikel. Namun, jasa fotografer wartawan sangat besar di dunia pers. Tanpa ada fotografer wartawan potret kejadian secara nyata tidak akan bisa ditampilkan. Sebuah berita pasti membutuhkan bukti nyata baik berupa fisik maupun lisan dari saksi mata. Kebutuhan bukti dari ucapan saksi mata masih belum cukup, sehingga sebuah gambar itulah yang menjadi bukti nyata bahwa berita tersebut benar adanya.

Menjadi seorang fotografer wartawan tidak semudah kelihatannya. Pekerjaan ini memang mudah terlihat diluar, tetapi tidak semua orang langsung bisa menguasainya. Kebanyakan fotografer wartawan menggunakan kamera DSLR dan menganggapnya seperti pasangan. Hingga membuat mereka selalu membawa kameranya saat bepergian kemanapun bahkan sebuah kamera menjadi barang berharga melebihi diri sendiri. Kebanyakan orang menganggap jika seorang fotografer wartawan sama halnya dengan fotografi umum. Sebenarnya diantara kedua memang memiliki kesamaan yakni sama-sama mengendalikan kamera dan menargetkan suatu subjek guna menghasilkan foto. Akan tetapi, fotografi umum tujuannya untuk kesenian/memiliki nilai artistik serta subjek yang dituju berupa gambaran unik hingga cantik. Sedangkan fotografer wartawan menghasilkan foto yang dikonsumsi oleh khalayak umum guna mengetahui informasi terbaru. Seorang fotografer wartawan menghasilkan foto berupa fenomena lingkungan hingga kejadian – kejadian tragis tentang kehidupan baik bencana alam, pertikaian, kemiskinan, gosip dan lain sebagainya. Karena perbedaan itulah pelajaran terkait antara menjadi fotografer wartawan dengan fotografi umum juga berbeda.

Untuk menjadi seorang fotografer wartawan, hal ini beberapa langkah yang wajib diperhatikan, yakni sebelum menjalankan pekerjaan fotografer wartawan, anda perlu memahami metode EDFAT di dunia foto pers atau singkatannya Entire, Details, Frame, Angle, Time. Entire merupakan salah satu metode mengambil gambar secara keseluruhan di suatu lingkungan dari latar belakang pemandangan hingga manusia. Metode entire berguna untuk menyampaikan pesan dari sang fotografer kepada pembaca berita. Details sebuah metode yang merincikan suatu subjek foto dengan cara pendekatan oleh sang fotografer wartawan agar bisa teridentifikasi gambar secara jelas kemudian dapat diatur komposisi sesuai pesan yang ingin disampaikan kepada Kemudian frame digunakan untuk memainkan komposisi gambar agar terlihat lebih nyata dan menarik yang disesuaikan dengan background atau foreground. Sedangkan, metode yang mengatur berbagai sudut pengambilan gambar dari kanan, kiri, atas, bawah, dekat, jauh dinamakan angle.

Terakhir, time sangat penting dalam pengambilan gambar bagi setiap fotografer wartawan sebab objek yang diambil terkadang bergantung dengan moment. Jika fotografer wartawan tidak memanfaatkan waktu dengan baik, maka mereka akan kehilangan peristiwa yang ingin dipotretnya. Suatu peristiwa tidak terjadi dua kali, sehingga pada saat-saat inilah fotografer wartawan harus memanfaatkan moment sebaik-baiknya. Selain metode-metode tersebut, fotografer wartawan juga wajib berantisipasi, meneliti, memprioritaskan keadaan, sering berlatih, mudah bergaul dengan lingkungan baik alam maupun manusia, dan tak terlihat saat mengambil foto. Ketika menjadi fotografer wartawan sangat penting saat di lokasi kejadian liputan sering-sering memotret lingkungan walaupun tidak ada momen. Antisipasi ini akan berguna juka apabila tidak sengaja merekam moment in time. Meneliti tempat tujuan liputan sebelum bertugas juga dibutuhkan agar bisa mengenal dan memahami spot-spot untuk menghasilkan angle foto bagus. Beberapa tips itu sangat penting dipahami di luar kepala agar menghasilkan jepretan berita yang profesional

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Follow by Email
Instagram