Membedakan Fotografi Wartawan Dengan Fotografi Lainnya

Membedakan Fotografi Wartawan Dengan Fotografi Lainnya

Wartawan merupakan suatu pekerjaan yang dilakukan dengan tidak mudah. Mengapa demikian? Sebagai contoh, ketika pada suatu tempat telah terjadi sesuatu misalnya demo atau hal lainnya, pada umumnya orang akan menghindar dari kejadian tersebut, namun berbeda dengan wartawan. Mereka akan mendekat untuk mencari informasi dan mengabadikannya misalnya dalam bentuk foto yang nantinya akan disebarkan kepada masyarakat luas. Sebelum sampai pada langkah penyebaran berita, maka terlebih dahullu wartawan akan mencari berbagai informasi terkai dengan kejadian tertentu, kemudian akan dikumpulkan dan segera dilakukan pengolahan dengan menambahkan keterangan seputar kejadian yang ada pada foto yang berhasil didapatkan, dan akhirnya dapat disebarkan kepada khalayak umum.

Tentunya kita sudah pernah melihat dan membaca berita yang telah dimuat pada media massa serta dapat menontonnya dalam televisi yang menayangkan berbagai berita seperti bencana alam, adanya demo, seputar politik, dan sebagainya. Nah salah satu yang berperan dalam mendapatkan berita tersebut yaitu wartawan terutama wartawan foto atau fotografer wartawan yang tentu saja bertugas untuk memotret kejadian yang sedang terjadi. Foto dapat berbicara, itulah yang sering dikatakan, sebab tak sama dengan cara memotret foto objek foto pada umumnya, foto yang didapatkan oleh wartawan tersebut tidak boleh sembarangan.

Sebuah gambar atau foto yang berhasil dipotret haruslah mengandung keterangan yang jelas dan detail sehingga sifat foto tersebut tidak hanya foto yang didapatkan dengan bebas dan sembarangan. Selain itu, foto tersebut haruslah didapatkan dengan natural sesuai dengan kejadian yang sedang terjadi, yang berarti foto tersebut tidak direkayasa atau dimanipulasi. Hal ini berarti orang ataupun objek lain dalam foto tersebut tidak dilakukan pengaturan atau penataan adegan terlebih dahulu sebelum foto. Jika dilakukan hal demikian, maka foto tersebut bukanlah termasuk dalam fotografi wartawan.

Sebagian orang mungkin belum mengenal atau mengerti dengan jelas apa itu fotografi wartawan yang ternyata berbeda dengan fotografi lainnya. Perbedaan terletak pada objek foto serta harus adanya penjelasan yang detail mengenai foto yang didapatkan. Jadi wartawan foto yang berhasil mendapatkan foto pada suatu tempat yang sedang terjadi suatu kejadian tertentu misalnya saja adanya sidang terkait politik atau hal lainnya haruslah menghasilkan foto dengan objek yang jelas.

Pada sebuah foto tersebut haruslah terdapat penjelasan sesuai dengan 5W + 1H yaitu what, Who, When, Where, Why, dan How. Dengan keenam hal tersebut maka sebuah foto tentu akan dihasilkan sesuai dengan kejadian terkait yang tentu saja tidak dilakukan rekayasan ataupun manipulasi foto yang dihasilkan. Dengan demikian maka berita yang memuat foto tersebut dapat menjadi gambaran khalayak umum terkait dengan kejadian penting yang sedang terjadi. Semoga informasi yang telah dijelaskan tadi dapat bermanfaat untuk anda.

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Follow by Email
Instagram