Tips Menjadi Photography Wartawan yang Baik

Tips Menjadi Photography Wartawan yang Baik

Posted on by admin

Tips Menjadi Photography Wartawan yang Baik – Sebenarnya seorang foto jurnalistik berbeda dengan sebuah bidang fotografi lainnya karena terdapat beberapa syarat yang memang harus dipenuhi untuk bisa memfoto dan menjadi seorang foto jurnalistik. Jadi untuk menjadi seorang fotografer wartawan yang baik anda pun harus mengetahui elemen-elemen yang terpenting yang ada di dalamnya.

Dalam bidang foto jurnalistik terdapat beberapa metode yaitu yang mungkin lebih disingkat dengan EDFAT (entire, details, frame, angle, time). Berikut ini penjelasan dari metode tersebut yaitu :
Entire yang memiliki arti keseluruhan, di mana untuk mengambil gambarnya yaitu secara keseluruhan mulai dari lingkungan sampai dengan manusianya. Karena dengan cara ini sebenarnya seorang fotografer jurnalistik bisa dikenal secara baik karena hasil foto tersebut bisa dikenalkan kepada para pembacanya mulai dari subjek foto dan lingkungannya.

Details yang artinya perincian, metode ini mengajarkan bagi para fotografer jurnalistik untuk bisa bergerak dengan maju untuk mendekati fotonya yang akan menjadi objek untuk bisa melihat secara detail, mengajak subjek tersebut untuk berinteraksi memperhatikan rambut mata dan sampai yang dipakainya. Jadi anda bisa mengambil sebuah visual yang sangat kuat untukssebuah ciri khusus dari subjek dan harus bisa mengatur komposisi yang lebih bagus.

Frame yang artinya bingkai, Dalam metode ini mengajarkan untuk bisa mengatur melalui sebuah viewfinder komposisi dengan kondisi yang enak dilihat yaitu dengan memperhatikan sebuah elemen yang ada di sekeliling objek melalui sebuah background ataupun foreground.
Angle yang artinya sudut pengambilan, di mana dalam metode ini anda harus bisa mengatur sudut pengambilan di berbagai sudut bisa dimulai dari bagian atas bawah, dekat ataupun jauh, samping kanan ataupun kiri dari subjek.

Time yang artinya waktu, di mana dalam metode ini anda harus bisa mengambil kesempatan dengan cepat dan jangan pernah menunda waktu karena peristiwa yang sudah terjadi kemungkinan besar tidak bisa terulang kembali atau pun nantinya kesempatan yang sudah anda dapatkan dimiliki oleh orang lain. Menurut dalam bahasa fotografi cara tersebut lebih disebut dengan moment in time.

Jika anda ingin belajar untuk menjadi foto jurnalis sebaiknya anda bisa belajar dari seorang yang sudah memiliki pengalaman di fotografer jurnalis ini seperti contohnya Damir Sagolj ini merupakan salah seorang fotografer Reuters yang memiliki hobi memotret dari sejak kecil dan selain hobi memotretnya, dia juga mempunyai hobi bermain permainan judi poker online di agen. Dia selalu meluangkan waktunya untuk bermain permainan poker yang dia gemari dan dari permainan poker tersebut dia mendapatkan banyak wawasan yang bisa menambah inspirasinya dalam memotret. Sekarang dia berdomisili di Bangkok.

Seorang foto jurnalistik sebenarnya memiliki jangkauan yang sangat luas di mana nantinya bisa menguasai seluruh fase intelektual yang ada pada kehidupan kita dan bisa membawa sebuah pengaruh yang besar di mana pemikiran dan pembentukan dari pendapat seorang publik. Jadi tips diatas bisa anda gunakan jika anda ingin memulai sebagai fotografer wartawan yang baik agar hasil foto yang anda dapatkan pun bisa terlihat baik.

Leave a Reply

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Follow by Email
Instagram