15 Foto Jurnalistik Tahun 1968-2019 yang Paling Terkenal dan Merubah Dunia

www.kosoof.com15 Foto Jurnalistik Tahun 1968-2019 yang Paling Terkenal dan Merubah Dunia. Halo kawan pemotret kali ini saya akan membahas tetang karya foto Jurnalistik yang paling terkenal di dunia. Beberapa foto ini mewakili sebuah masa seperti kemanangan perang dunia kedua atau identitas sebuah masyarakat, intinya adalah tentang momen yang menggambarkan cerita dibaliknya.

Banyak yang bilang fotografi adalah tentang momen, namun sebenarnya foto jurnalistik adalah tentang menggambarkan momen aktual yang mewakili cerita tersebut.

Sekarang terjadi wabah Covid-19, entah karya fotografi seperti apa yang akan mewakili masa genting ini, semoga para wartawan foto Indonesia diberikan kesehatan untuk terus berkarya yang mewakili momen ini.

Karya-karya fotografi ini mewakili suatu cerita yang sangat kuat, hingga berimbas pada kebijakan pemerintah dan aksi masyarakatnya. Mari mulai kita bahas satu persatu.

Baca Juga: 19 Foto Jurnalistik Tahun 1878-1964 yang Sangat Populer dan Merubah dunia

1. Eksekusi Saigon karya foto jurnalistik Eddie Adams |1968

Dalam karya foto jurnalistik ini menangkap momen kejahatan kemanusiaan yang terjadi di Saigon, Vietnam, saat perang Vietnam.

Pada masa Perang Vietnam banyak terjadi kejahatan kemanusiaan, foto jurnalistik karya Eddie Adams ini menjadi foto yang paling menggambarkan kejahatan perang yang terjadi di Saigon.

Ketika dia berada di tempat pemotretan dia meyakini kalau dia sedang menyaksikan eksekusi tawanan perang, namun yang sebenarnya terjadi adalah pembunuhan tawanan.

Iya, jika eksekusi maka harus ada keputusan hakim dan regu penembak sebagai ekskutor hukuman tersebut.

Foto ini menjadi salah satu penggerak aksi masyarakat Amerika dalam unjuk rasa untuk menghentikan perang Vietnam.

2. Bumi Terbit oleh William Anders, Nasa | 1968

Ini adalah foto hasil dokumentasi Nasa. Foto ini adalah foto pertama bumi dari bulan.

Foto bersejarah ini diambil oleh salah seorang astronot yang jadi bagian untuk kru Apollo 8 NASA yang pergi ke bulan.

Foto ini bersejarah karena pertama kali memotret bumi dari luar angkasa. Sebelum foto ini, kita tidak menyadari begitu sepinya Bumi yang sendiri, satu-satunya planet dengan kehiupan di tata surya.

Foto ini menandakan sebuah era baru dalam sejarah umat manusia, yaitu eksplorasi luar angkasa.

3. Kehororan Perang oleh Nick Ut |1972

Momen paling menyeramkan dalam Perang Vietnam yang berhasil dipotret oleh Nick Ut. Sampai hari ini foto ini masih dianggap kontroversial.

Dalam foto jurnalistik karya Nick Ut berhasil menggambar horor dari Perang Vietnam yang terjadi.

Dalam foto ini anak-anak berlari menjauhi bom napalm yang dijatuhkan oleh tentara Amerika ke kampung-kampung di Vietnam.

Berjarak 25 mil dari Saigon, Phan Thi Kim Phuc bocah perempuan telanjang berlari menjauhi bomabadir napalm. Dia terkena bom napalm, untungnya bocah perempuan ini ditolong oleh Ut dan menerima perawatan yang menyelamatkan hidupnya.

foto ini adalah yang pertama berhasil menangkap horor dari perang Vietnam.

Jika dalam foto Eksekusi Saigon berhasil menangkap kejatahan kemanusiaan yang terjadi di Vietnam, maka dalam foto Kehororan Perang berhasil menangkap momen buruk yang terjadi pada masyarakat sipil Vietnam ketika perang berlangsung.

Sama seperti Eksekusi Saigon foto ini mendorong banyak pergerakan masyarakat Amerika yang menyerukan kepada pemerintahnya untuk menghentikan Perang Vietnam.

Sampai hari ini foto ini masih menjadi kontroversial, untuk alasan yang sama foto ini dihilangkan dari Facebook dan Instagram.

4. Wanita yang terjatuh diri dari kobaran Api karya Stanley Forman |1975

Forman tidak menyadari ketika memotret, dia baru sadar kalau sedang mendokumentasikan seorang sesaat sebelum kematiannya.

Foto ini merupakan salah satu karya foto jurnalistik yang dianggap kontroversial karena merekam momen seseorang sebelum kematiannya.

Forman yang bekerja untuk koran Boston Herald awalnya mendatangi sebuah kebakaran yang terjadi di Boston, dia begitu fokus pada kameranya dan terus mengambil foto, meskipun saat seorang ibu terjatuh ketika dicoba diselamatkan oleh pemadam kebakaran.

Forman yang waktu itu terus memotret, tidak menyadari bahwa dia telah merekam momen sesaat sebelum kematian sang ibu. Dia baru menyadarinya setelah film yang dia gunakan di cuci dan dicetak.

Foto ini menjadi kontroversial karena hal itu, namun karena foto ini juga prosedur pemadam kebakaran jadi lebih ketat saat menyelamatkan korban dari kebakaran.

Kontroversial atau tidak silakan nilai sendiri.

5. The Afghan Girl oleh Steve McCurry |1984

Foto yang menjadi cover majalah National Geographic pada tahun 1984.

Salah satu foto portrait ikonik karya jurnalis kenamaan Steve McCurry. Foto ini sempat menjadi cover majalah National Geographic pada tahun 1984.

Foto ini mewakili identitas masyarakat Afganistan, terlihat tajam, keras, namun mempesona.

6. Michael Jordan oleh Co Reintmeester |1984

Foto Michael Jordan ini menjadi salah satu foto paling ikonik dalam dunia olahraga.

Dalam foto silhouette yang mugkin paling terkenal ini, Michael Jordan difoto dalam gerakan paling ikoniknya dalam dunia basket Amerika.

Foto ini juga dianggap banyak orang sebagai simbol dari sepatu Air Jordan.

Baca Juga: Perbedaan Fotografi dan Fotografer

7. Tank Man oleh Jeff Widener |1989

Peristiwa dalam foto ini terjadi sehari setelah tragedi berdarah di Lapangan Tiananmen.

Foto ini merupakan salah satu foto yang paling ikonik dalam sejarah Cina dalam dunia modern.

Dalam foto ini memperlihatkan bahwa seorang pemuda berdiri di hadapan tank, peristiwa ini terjadi sehari setelah peristiwa pembantaian warga pro demokrasi di Lapangan Tiananmen.

Dalam peristiwa ini seorang pria yang membawa tas belanjaan berdiri di hadapan tank dan menolak untuk beranjak. Tank mencoba memutari dirinya, namun dia selalu menghalangi. Widener menyangka pria itu akan dibunuh, tapi serdadu tidak menembakan senapannya. Sampai hari ini identitas pria ini tidak diketahui.

Foto ini diterbitkan oleh berbagai media di seluruh dunia pada waktu itu.

8. Kelaparan di Somalia oleh James Nachtwey |1992

Dalam foto ini terlihat kengerian dari bencana kelaparan yang terjadi di Somalia.

Awalnya James Nachtwey tidak mendapatkan penugasan untuk meliput kelaparan yang terjadi di Somalia, jadi dia memutuskan untuk pergi sendiri.

Didukung oleh Palang Merah di lapangan, Nachtwey berhasil menangkap horor kelaparan yang diderita oleh masyarakat Somalia.

“Apakah kita berani bilang bahwa ini tidak akan jadi lebih parah?” kata seorang editor New York Times saat melihat foto ini.

9. Anak Kelaparan dan Burung Bangkai foto jurnalistik karya Kevin Carter |1993

Dalam foto ini seorang bocah terlihat tertidur di dekatnya ada burung bangkai yang siap melahapnya (tidak benar!).

Ini mungkin adalah foto yang paling terkenal di dunia saat ini. Foto jurnalistik ini memenangkan Pulitzer sebagai foto yang memiliki efek sosial yang luar biasa serta membuat orang-orang bertanya kode etis para wartawan foto.

Kevin Carter yang merupakan wartawan di Afrika Selatan pergi ke Sudan untuk memotret krisis kemanusiaan yang terjadi di sana.

Awalnya foto ini menaikkan kesadaran pada bencana kemanusiaan yang terjadi di Sudan dan Afrika Selatan saat Apertheid terjadi, namun setelah mendapatkan penghargaan Pulitzer, rasa kemanusiaan Carter dipertanyakan banyak orang.

Hingga saat ini dia mendapatkan banyak kritik dari masyarakat karena tak melakukan apa-apa terhadap bocah yang seperti akan dimakan oleh burung bangkai tersebut.

Note: Ketika memotret ini para jurnalis tidak diperbolehkan untuk mencampuri urusan kerjanya, jadi memberikan roti atau makanan tidak diperbolehkan oleh PBB.

Kemudian dalam adegan ini sebenarnya ibu si bocah berada di sebelahnya namun tidak masuk dalam frame dan yang terakhir Carter menggunakan lensa tele sehingga jarak antara bocah dan burung bangkai jauh lebih dekat, padahal nyatanya berjauhan.

Foto ini mendorong pemerintah dan masyarakat Eropa dan Amerika untuk aktif membantu Sudan yang kala itu sedang menderita krisis kemanusiaan.

10. 99 Sen oleh Andrea Gursky | 1999

Foto ini adalah foto seni kontemporer yang paling mahal harga penjualannya hingga saat ini.

Foto ini dipotret oleh seorang fotografer yang juga arsitek, Andrea Gursky. Foto ini dijahit secara digital menggunakan program editing foto.

Secara harga, foto ini adalah yang paling mahal dalam seni kontemporer yang pernah dijual. Secara tampilan visual barang-barang murah yang terpampang di toko kelontong ini sangat mirip dengan impresionisme.

11. Sang Pria Bertudung oleh Sersan Ivan Frederick | 2003

Dalam foto ini seorang tahanan perang Irqa yang sedang disiksa. Foto ini adalah yang tidak terlalu eksplisit. 

Foto karya jurnalistik ini yang memperlihatkan bagaimana tawanan perang Iraq diperlakukan oleh tentara Amerika menuai protes keras dari seluruh dunia.

Dalam foto ini ditunjukan kalau pria ini disetrum. Banyak foto lain di fasilitas penahanan ini para serdadu ambil. Ini adalah foto yang tidak terlalu eksplisit penyiksaannya. Meskipun banyak jurnalis yang meliput perang Irak, namun foto ini adalah yang paling ikonik.

12. Gorilla di Congo oleh Brent Stirton | 2007

Dalam foto ini mayat gorila punggung perak ini dipindahkan warga bersama jagawana, agar tubuhnya tak dicuri para pemburu gelap.

Saya masih ingat foto ini pertama kali dilihat oleh saya di edisi National Geographic Indonesia. Pada foto ini mayat Gorilla punggung perak yang ditembak mati oleh salah satu pihak yang berkonflik di Taman Nasional Virunga, Kongo.

Warga dan para jagawana memperlakukan Gorrila dengan penuh hormat, mereka membawanya menuju keluar taman untuk dikuburkan. Sampai hari ini Taman Nasional Virunga masih diliput konflik berkepanjangan.

Padahal di taman nasional ini menjadi rumah bagi banyak satwa yang berstatus terancam punah.

13. Korea Utara oleh Davvid Guttenfelder |2013

Foto ini diambil dari Instagram David Guttenfelder sebagai foto pertama yang bisa diunggah jurnalis asing menggunakan jaringan 3G di Korea Utara.

David Guttenfelder merupakan kepala fotografi di Asia untuk Associated Press. Pada tahun ini kantor berita itu menjadi biro pewarta asing yang membuka cabang pertama kali di Korea Utara.

Dia mengikuti sejumlah tur dan acara kenegaraan, foto ini diunggah pertama kali di Instagram-nya, dipotret menggunakan Iphone miliknya.  Pada 18 Januari 2013, Korea Utara pertama mengaktifkan jaringan 3G yang bisa diakses oleh orang asing.

Namun Guttenfelder bertanya-tanya tentang keseharian orang Korea Utara di luar Tur yang sudah diatur itu.

14. Alan Kurdi oleh Nilüfer Demir| 2015

Foto ini membuat banyak orang eropa marah sekaligus menyadarkan mereka kalau pengungsi yang berasal dari perang Siria perlu banyak pertolongan. Foto ini membuat banyak pemerintah negara eropa untuk membuka perbatasannya kepada para pengungsi perang Siria.

Foto di atas adalah mayat seorang bocah Siria yang terdampar di Pantai Bodrum, Turki.

Bocah itu adalah bagian dari keluarga Siria yang mencoba pergi ke Yunani menggunakan kapal penyeledup. Foto ini menuai reaksi keras EU (Eropa Union) yang langsung membuka kanal masuknya para pengungsi.

Nilufer Demir berkata “ini mungkin satu-satunya acara agar tubuh kaku anak itu bisa menjerit.” Dia mengangkat kameranya dan memotret jenazahnya.

Foto ini membuat Jerman membuka perbatasan mereka untuk para pengungsi yang kabur dari perang Siria. Sampai hari ini perang masih berkecamuk di sana dan banyak pengungsi yang terdampar di Turki dan Indonesia yang mencoba mencari suaka ke Australia dan Eropa.

15. Pillar penciptaan oleh Nasa | 2019

NASA’s Hubble Space Telescope has revisited the famous Pillars of Creation, revealing a sharper and wider view of the structures in this visible-light image. Astronomers combined several Hubble exposures to assemble the wider view. The towering pillars are about 5 light-years tall. The dark, finger-like feature at bottom right may be a smaller version of the giant pillars. The new image was taken with Hubble’s versatile and sharp-eyed Wide Field Camera 3. The pillars are bathed in the blistering ultraviolet light from a grouping of young, massive stars located off the top of the image. Streamers of gas can be seen bleeding off the pillars as the intense radiation heats and evaporates it into space. Denser regions of the pillars are shadowing material beneath them from the powerful radiation. Stars are being born deep inside the pillars, which are made of cold hydrogen gas laced with dust. The pillars are part of a small region of the Eagle Nebula, a vast star-forming region 6,500 light-years from Earth. The colors in the image highlight emission from several chemical elements. Oxygen emission is blue, sulfur is orange, and hydrogen and nitrogen are green. Object Names: M16, Eagle Nebula, NGC 6611 Image Type: Astronomical Credit: NASA, ESA, and the Hubble Heritage Team (STScI/AURA)

Foto ini merupakan Nebula Elang yang berhasil ditangkap oleh Teleskop Hubble.

Foto ini menandai bahwa kemajuan teknologi penangkapan citra yang dimiliki oleh NASA. Mewakili sejarah baru dalam dunia teknologi fotografi secara keseluruhan.

Akhir kata

Foto jurnalistik adalah tentang mewakili sebuah cerita dengan momen yang ditangkap oleh kamera.

Cerita-cerita ini penting untuk mengingatkan kita bahwa sedang ada kejadian buruk yang menimpa orang lain di bumi ini. Banyak kejadian buruk dan orang-orang yang ada di dalam foto itu sedang menjerit meminta pertolongan itulah kekuatan foto jurnalistik.

Semoga dalam wabah Covid-19 ini lahir karya-karya dari kawan wartawan yang mampu membuat kita menyadari tentang hal-hal yang harus kita pedulikan. Semoga tetap sehat dan selamat berkarya ya, kawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *