Pelatihan-Pelatihan Jurnalistik dan Lomba Karya Tulis Jurnalistik Apkasi 2021

PWI Agam Kasih training ke Anak muda Masjid

www.kosoof.comPelatihan-Pelatihan Jurnalistik dan Lomba Karya Tulis Jurnalistik Apkasi 2021. Anak muda Masjid Nurul Hidayah Kampuang Tanjung, Jorong Balai Badak, Nagari Batu Kambiang, mendapat training jurnalisme dari PWI Kabupaten Agam, Jumat( 2 atau 4).

Dari PWI tampil Kepala Mursyidi, Sekretaris Yusrizal, Syafrianto serta M. Khudri. Para partisipan penataran pembibitan berjumlah 20 orang dengan kerangka balik pembelajaran SMP, SMA serta akademi tinggi.

Mursyidi dalam sambutannya berkata aktivitas ini merupakan wujud dedikasi PWI Agam pada warga spesialnya di era endemi.” Menggunakan durasi libur sekolah serta kuliah di era endemi ini, mudah- mudahan dapat menolong,” tutur Mursyidi.

Mursyidi meningkatkan, sasaran training ini merupakan anak anak belia Jorong Balai Badak bisa menginformasikan suasana, kondisi, kemajuan serta kegiatan nagari.

“ Data itu dapat di informasikan ke khalayak lewat bermacam media. Sehabis ini kita wajib membuat web ataupun minimum majalah dinding,” tuturnya.

Baca Juga: 20 Petunjuk Fotografi Keren Buat Para Pemula

Pelapor pelatihan M. Khudri serta Yusrizal membagikan edukasi langsung metode menulis informasi.“ Kunci menulis itu merupakan apa, siapa, bagaimana, bila, kenapa, serta pada saat,” tutur Yusrizal.

Meter. Khudri berkata, banyak sekali yang dapat ditulis, misalnya mengenai Langgar ini dapat sebagian catatan kita untuk.“ Dapat saja cara pembangunan langgar ini, kesertaan masyarakat serta penyumbang masjid, aktivitas masjid serta alat yang terdapat di langgar,” tuturnya.

Para partisipan setelah itu dimohon buat menulis aktivitas yang diiringi hari ini. Terdapat yang menulis diatas kertas serta terdapat dengan hape android. Beberapa partisipan dapat menulis informasi serta sedia buat diterbitkan.

PWI Bima Melangsungkan Penataran pembibitan Jurnalistik

Buat tingkatkan mutu kegiatan wartawan, Persatuan Wartawan Indonesia( PWI) Cabang Bima mengadakan pelatihan jurnalistik dengan mengangkut tema“ Mengarah Jurnalistik Berkompeten”. Aktivitas yang diselenggarakan di Auditorium SMKN 3 Kota Bima sepanjang 2 hari semenjak Sabtu serta Minggu( 3- 4 atau 4).

Pimpinan PWI Bima Alat Gunawan dikala sambutan berkata, Bima jadi wilayah yang sangat banyak jumlah alat serta wartawannya. Tetapi dari jumlah itu, belum seluruhnya melaksanakan guna pekerja alat yang bagus serta bermutu.

“ Dengan penataran pembibitan ini, kita berambisi pekerjaan ini tidak cuma banyak dalam jumlah, tetapi pula reporter yang berkompeten,” ucapnya.

Alat pula mengantarkan gelisah yang mendalam dampak musibah yang terjalin di area Kabupaten Bima. Diakuinya, penataran pembibitan jurnalistik yang terkini awal kali diselenggarakan ini langsung dihadapkan dengan realitas bencana yang mengenai masyarakat di Kabupaten Bima.

“ Kita berambisi seluruh silih memantapkan. Kawan- kawan reporter pula banyak yang terdampak banjir di Kabupaten Bima,” tuturnya.

Sedangkan itu, Kadis Kominfotik H Sukri mengantarkan penghargaan pada PWI Bima yang telah mengadakan penataran pembibitan jurnalistik.

“ Kita penghargaan, sebab dengan kepengurusan yang saat ini pelatihan jurnalistik itu terdapat. Ini sangat luar biasa,” bebernya.

Sukri mengantarkan catatan kepala partisipan supaya sungguh- sungguh menjajaki pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan oleh PWI, sebab pekerjaan reporter ialah pekerjaan yang menginginkan kompetensi spesial.

“ Simak dengan cara saksama. Ini merupakan modal dasar. Bila tidak mempunyai kemampuan serta keilmuan, hingga kita hendak berjalan dalam kemalaman,” tandasnya.

Awal penataran pembibitan ini, pula dihadiri oleh Kepala Bulog Bima Sawaludin Susanto, Perwakilan dari Kodim 1708 serta Perwakilan dari Polres Bima Kota.

Subbid Makassar Melangsungkan Pelatihan Jurnalistik

Sub Aspek Calo Makassar, Tubuh Calo Provinsi Gorontalo mengadakan penataran pembibitan jurnalistik serta fotografi bertempat di Penginapan Artha Emas, Kota Makassar, Kamis( 1 atau 4 atau 2021). Penataran pembibitan diiringi oleh ASN Subbid Makassar, Aman Keluarga Indonesia Gorontalo( KKIG) serta bagian badan mahasiswa Gorontalo di Makassar.

Kepala Subbid Calo Makassar Moh. Agung Sugiarto menerangkan, penataran pembibitan ini diharapkan dapat tingkatkan kapasitas aparatur serta mahasiswa di masa data digital 4. 0. Harapannya tiap program serta aktivitas yang terdapat dapat di informasikan dengan bagus pada warga.

“ Kita mengaitkan pula KKIIG, HPMIG serta badan kemahasiswaan lain biar pengembangan kapasitas bukan saja kedinasan namun pula mengaitkan seluruh faktor yang terdapat,” tutur Agung.

Agung mengatakan banyak pihak yang mau ikut serta dalam aktivitas itu tetapi dibatasi cuma 30 orang. Perihal itu dicoba menegaskan dikala ini endemi covid- 19 spesialnya di Makassar belum seluruhnya pulih.

“ Kita senantiasa memperhatikan aturan kesehatan dengan mengenakan masker serta pesertanya kita batasi,” imbuhnya.

Di tempat yang serupa Pimpinan KKIG Makassar Rivai Jimy Uno menyongsong bagus penerapan aktivitas ini. Baginya Diklat jurnalistik berarti supaya data yang faktual serta up to date bisa didistribusikan pada khalayak lewat media sosial ataupun sarana online.

“ Harapannya data serta pemberitaan masyarakat Gorontalo di Makassar terus menjadi bermacam- macam, informatif serta edukatif,” ucap sepupu Menpar RI Sandiaga Uno itu.

Penataran pembibitan jurnalistik serta fotografi memperkenalkan 2 orang pemateri. Penyusunan informasi dibawakan oleh Ismail Giu berlaku seperti Kasie Pengurusan serta Jasa Data Biro Kominfo serta Statistik Pemprov Gorontalo. Sedangkan buat fotografi di informasikan oleh Hasbullah Mathar, pegiat foto serta dosen UIN Alauddin Makassar.

Di adakan Pelatihan Jurnalistik buat ASN dan Masyarakat Gorontalo di Makassar

Dari kiri Kepala Subbid Penghubung Makassar Moh. Agung Sugiarto, Ismail Giu Kasie Pengurus serta Diskominfo Provinsi Gorontalo, serta Hasbullah Mathar/Dosen UIN Alauddin Makassar, dalam training jurnalistik serta fotografi, Kamis( 1 atau 4 atau 2021).

 training jurnalistik diselenggarakan Sub Aspek Calo Makassar, Kamis( 1 atau 4 atau 2021). Aktivitas yang bertujuan buat tingkatkan kapasitas aparatur itu, diiringi tidak cuma dari faktor ASN tetapi pula dari golongan KKIG, sampai mahasiswa Gorontalo yang terdapat di Makassar.

“ Kita mengaitkan pula KKIIG, HPMIG serta badan kemahasiswaan lain biar pengembangan kapasitas bukan saja kedinasan namun pula mengaitkan seluruh faktor yang terdapat,” Kepala Subbid Calo Makassar Moh. Agung Sugiarto.

Agung membenarkan, banyak yang bersemangat menjajaki aktivitas itu. Tetapi, sebab endemi hingga pesertanya cuma dibatasi 30 orang, dengan aplikasi aturan kesehatan.

Aktivitas itu menemukan penghargaan dari KKIG Makassar. Melalui ketuanya Rivai Jimy Uno berambisi, lewat

aktivitas semacam ini, kedepan data serta pemberitaan masyarakat Gorontalo di Makassar terus menjadi bermacam- macam, informatif serta edukatif.

Sedangkan itu, Penataran pembibitan jurnalistik serta fotografi memperkenalkan 2 pemateri ialah, Ismail Giu Kasie Pengurusan serta Jasa Data Biro Kominfo serta Statistik Pemprov Gorontalo, serta Hasbullah Mathar, pegiat gambar serta dosen UIN Alauddin Makassar.(*)

YBM PLN Melangsungkan Penataran pembibitan Jurnalistik Kemanusiaan

Pimpinan Aspek 1 YBM PLN Kantor Pusat, Hadi Suharto, berkata, YBM PLN selaku badan amal yang terhambur di sebagian wilayah, diamanahi lewat bermacam program buat memuaskan kalangan dhuafa serta para asnaf.

“ Terlebih dikala merambah bulan bersih Ramadhan, kita memiliki banyak program buat dijalani, sekalian pengumuman pada warga besar, selaku wujud kejernihan serta pertanggungjawaban kita,” tutur Hadi di Jakarta, Selasa( 30 atau 3 atau 2021).

Lewat Penataran pembibitan Jurnalistik Manusiawi yang diselenggarakan atas kerjasama dengan Wartawan Cinta kasih Indonesia( Jufi), diharapkan, para amil amal yang ikut serta di YBM PLN, spesialnya yang bekerja dalam aspek pengumuman, bisa menyebarkan aktivitas Ramadhan esok lewat konten Website YBM PLN serta alat sosial.

“ Modul yang bertabiat teoritis serta praktek, pula diharapkan selaras dengan impian YBM PLN Pusat dengan bagian yang lain dalam mengantarkan data sekeliling aktivitas kita. Buat melindungi julukan bagus YBM PLN, kita harapkan bisa menjauhi konten- konten yang mengundang kontroversi di warga. Mudah- mudahan penataran pembibitan ini berikan khasiat untuk kita, alhasil terangkai komunikasi antara muzakki, pihak pengelola serta warga biasa. Aku ucapkan dapat kasih pada Jufi yang sudah menolong serta mensukseskan aktivitas penataran pembibitan ini,” kata Hadi.

Kegiatan dibuka oleh Pimpinan Aspek 1 YBM PLN Kantor Pusat, Hadi Suharto. Dihadiri pula Pengasuh Aspek 1 YBM PLN Kantor Pusat, Aditya Yudanto serta Iriyanto Resi dan para Pengasuh YBM PLN Bagian yang lain.

Kegiatan diawali pada jam 09. 00. Penataran pembibitan Jurnalistik Manusiawi diisi oleh pemateri dari Jufi. Modul I berjudul“ Urgensi Ajakan Menulis Informasi”, diinformasikan oleh reporter Voa- Islam. com, Ibnu Syafaat. Dilanjutkan Modul II mengenai“ Jurnalistik Manusiawi” di informasikan oleh Muhyiddin yang pula ialah reporter tua Republika. Ba’da Ashar dilanjutkan dengan Modul III mengenai“ Metode Tanya jawab serta Menulis Informasi”, diinformasikan oleh Adhes Pahlawan yang pula wartawan Maslahat Umat. com. Pada hari kedua, Rabu, 31 Maret 2021, penataran pembibitan dilanjutkan dengan Modul IV berjudul“ Wartawan Sosial Alat”, diinformasikan oleh Ajaran Anugrah.

Menutup penataran pembibitan, hendak di informasikan Pengajuan Hasil Praktek Alun- alun, yang dibimbing oleh Ketua Jufi, Adhes Pahlawan.

Sedangkan itu, Ketua Jufi, Adhes Pahlawan, dalam sambutannya, berambisi, sinergi Jufi dengan YBM PLN lalu bersinambung.

“ Kerjasama ini diharapkan berikan khasiat serta masalahat buat pemeluk. Buat membuat sinergi itu, butuh berjamaah, tidak dapat berjalan sendiri,” ucap Adhes.

Butuh dikenal, Jufi kependekan dari Wartawan Cinta kasih Indonesia, suatu perkumpulan wartawan( alat cap, online, serta elektronik), ataupun mereka yang ikut serta dengan bumi literasi, data serta digitalisasi. Mereka merupakan para influencer, vloger, bloger, youtubers, citizen journalism, film maker serta pekerja inovatif yang lain.

Perkumpulan ini tergerak dari rasa perhatian kita kepada nilai- nilai sosial serta manusiawi( humanity) di negara ini spesialnya, serta bagian bumi lain pada biasanya.

Semacam dikenal, Indonesia ialah negeri yang sangat rawan kepada musibah. Sebab itu Jufi bukan cuma concern kepada insiden kebencanaan, tetapi pula kekurangan serta akibat yang ditimbulkannya. Terlebih di era pandemi Covid- 19 dikala ini.

Alat Online Turki Melangsungkan Penataran pembibitan buat Mukmin Rohingya

Mukmin Rohingya menemukan penataran pembibitan jurnalistik alat online dari Penguasa Turki.

Penataran pembibitan yang diperuntukkan untuk Mukmin Rohingya diselenggarakan oleh Kepresidenan Turki serta Anadolu Biro, selesai pada hari Rabu( 31 atau 3 atau 2021).

Program Penataran pembibitan Alat Online Rohingya dilaksanakan lewat videoconferencing.

Mulai pada bertepatan pada 29 sampai 31 Maret 2021 serta diiringi dekat 30 partisipan dari diaspora Rohingya di bermacam negeri.

Penataran pembibitan Multimedia serta Jurnalistik Internet, Alat Terkini serta Alat Sosial, serta Jurnalistik Diaspora dicoba dalam bahasa Inggris oleh karyawan profesional sepanjang rentang waktu 3 hari.

” Anadolu Biro memberikan suara pada yang teraniaya serta pula berkontribusi pada pengembangan kapasitas wartawan belia lewat sanggar kerja ini,” tutur Alptekin Cihangir, ketua Perguruan tinggi Informasi Anadolu Biro.

“ Program penataran pembibitan ini amat berarti untuk kita. Kita mau membagikan pembelajaran jurnalistik pada Mukmin Rohingya.

” Berkah penataran pembibitan ini, suara mereka hendak menarik lebih banyak yang hirau,” tuturnya.

Tidak hanya itu, Ketua Asia- Pasifik YTB Ebubekir Kadri Biskinler berkata kalau mereka sudah membagikan penataran pembibitan untuk komunitas Rohingya semenjak 2019.

Buat menerangi pemicu serta permasalahan mereka dan seni serta adat mereka pada bumi dengan cara lebih efisien.

Biskinler berkata program kepemimpinan Perguruan tinggi Angkatan Selanjutnya pula lagi diselenggarakan buat kalangan belia Rohingya di area Asia- Pasifik.

“ Sepanjang ini, 25 anak belia dari diaspora Rohingya sudah ikut serta.

” Kepresidenan kita bermaksud tingkatkan ikatan komunitas Rohingya dengan negeri lain,” tuturnya.

Lebih dari 700. 000 Rohingya melarikan diri ke negeri orang sebelah Bangladesh pada tahun 2017 kala tentara Myanmar melancarkan aksi keras yang membuat desa- desa terbakar, pembantaian di luar hukum serta pemerkosaan.

Turki senantiasa mensupport komunitas, kesekian kali menarik atensi pada beban mereka.

Apkasi Melangsungkan Anugerah Jurnalistik 2021

Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Semua Indonesia( Apkasi) hendak mengadakan lomba tulis jurnalistik bagi wartawan serta media.

Ini selaku komitmen federasi dalam membina ikatan persahabatan dengan alat massa, sekalian dalam bagan menciptakan sokongan aktual untuk pembangunan di daerah- daerah lewat pengumuman data yang faktual, cermat, kritis serta konstruktif.

Ketua Administrator Apkasi, Sarman Simanjorang menerangkan, kedudukan alat untuk pembangunan wilayah amat berarti selaku pangkal data serta pengumuman.

” Media massa merupakan kawan kerja penting untuk Apkasi selaku pangkal data, alhasil kedudukannya bisa mensupport koordinasi yang bagus antara penguasa wilayah dengan penguasa pusat,” tutur Sarman dalam keterangannya, Rabu( 31 atau 3 atau 2021).

Sarman meneruskan selaku bentuk penghargaan serta menjalankan ikatan di era kelak, Apkasi hendak melangsungkan adu catat jurnalistik yang diberi julukan Karunia Jurnalistik Apkasi( AJA) 2021.

Lomba ini hendak mengutip tema” Kebangkitan Ekonomi Wilayah dalam Mensupport Pembangunan Nasional”, alhasil dapat membagikan cerminan hal kegiatan, kemampuan serta hambatan yang dialami penguasa kabupaten di daerah- daerah.

” Melalui AJA, kita berambisi sahabat alat bisa menciptakan karya- karya jurnalistik yang lebih bermutu, menggali kemampuan wilayah dengan bermacam persoalannya, dan membuka pengetahuan khalayak dalam membagikan pemecahan buat kebangkitan ekonomi, serta pembangunan di daerah- daerah tutur Sarman.

Lomba tulis  AJA terbuat dalam 2 jenis ialah penyusunan postingan( indepth) di alat massa cap serta alat online.

Juara adu ini merupakan 3 orang, dengan hadiah awal ialah duit kas senilai Rp 10. 000. 000.

Adu ini legal untuk semua alat nasional serta lokal bagus cap atau online yang telah tertera di Badan Pers.

Selanjutnya determinasi biasa Adu Buatan Catat Jurnalistik Apkasi 2021:

  • Memuat blangko registrasi serta Pesan Kemurnian Buatan yang sudah diadakan selaku fakta kepesertaan dengan mendownload blangko di web Apkasi, ataupun hendak dikirim ke alat tiap- tiap.
  • Masyarakat Negeri Indonesia( WNI) yang bertugas di alat massa nasional maupun lokal, di Jakarta ataupun di wilayah( cap serta online)
  • Buatan yang didaftarkan wajib sempat diterbitkan ataupun ditayangkan di alat massa pada bentang durasi 1 Januari 2021 hingga dengan 25 Juni 2021.
  • Penyerahan hasil buatan jurnalistik partisipan dikirimkan lewat email dengan Tujuan Email Adu Catat Apkasi: adu. catat. apkasi@gmail. com
  • Batasan durasi registrasi serta penyerahan buatan jurnalistik terakhir pada bertepatan pada 25 Juni 2021.
  • Seluruh buatan yang dikirimkan ke badan wajib otentik bukan alih bahasa, lapisan ataupun ikhtisar. Bila terdapat koreksi ataupun emendasi wajib disertakan buat melindungi ketepatan buatan. Semua partisipan wajib melaporkan kalau buatan jurnalistik yang didaftarkan benar–benar buatan orisinil.
  • Jumlah buatan yang dikirimkan bertabiat tidak terbatas.
  • Partisipan menyertakan photo copy Kartu Pers serta KTP atau SIM yang sedang legal.
  • Buatan jurnalistik yang memenangkan adu jurnalistik ini hendak jadi hak kepunyaan Apkasi, dengan senantiasa mengatakan julukan alat serta pengarang atau wartawan di dalam pengumuman yang dicoba oleh Apkasi.
  • Ketetapan badan hakim tidak dapat diusik memerkarakan. Hakim berkuasa buat menyangkal sesuatu buatan yang didaftarkan yang dikira tidak penuhi persyaratan. Hakim berkuasa menarik kembali apresiasi yang diserahkan apabila buatan yang memenangkan apresiasi nyatanya teruji hasil jiplakan serta tidak orisinil.
  • Determinasi Buatan Jurnalistik Apkasi 2021, merupakan determinasi yang butuh disiapkan oleh partisipan antara lain:
  • Akta yang dikirimkan merupakan pesan statment kemurnian buatan, blangko registrasi, kartu bukti diri, serta buatan yang hendak dilombakan lewat email ke: karunia. jurnalistik@apkasi. com
  • Alat Cap( majalah, surat kabar, tabloid) mengirimkan dalam wujud kliping soft copy dalam bentuk pdf ataupun doc.
  • Alat Online serta alat sosial dalam wujud sof tcopy dalam bentuk pdf ataupun print laman informasi dalam wujud jpeg atau pdf selanjutnya Tujuan URL laman web informasi itu.
  • Partisipan mengirimkan hasil buatan jurnalistik lewat email. Reporter atau calon partisipan harus membagikan penjelasan dalam subject email dalam wujud( Julukan Kabupaten Pelaporan) ialah Julukan Media_Nama Reporter ilustrasi:( Kab Bandung) _Koran Sindo_Anton Chrys.
  • Buatan yang dikirimkan asli ialah catatan jurnalistik serta mempunyai angka informasi, bukan catatan promosi ataupun advertorial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *